12 Fakta dan Keunikan Bunga Anggrek

Posted on

Fakta dan Keunikan Bunga Anggrek Keindahan, kerumitan dan keragaman bunga anggrek yang luar biasa tak tertandingi di dunia tumbuhan. Keindahan eksotis anggrek terdiri dari keluarga terbesar tanaman berbunga di bumi, dengan lebih dari 30.000 spesies yang berbeda, dan setidaknya 200.000 hibrida. Anggrek dapat ditemukan di daerah tropis khatulistiwa, tundra Arktik, dan di mana-mana di antaranya. Alasan keragaman ini terletak pada kemampuan luar biasa anggrek untuk beradaptasi dengan lingkungan yang diberikan. Dengan begitu banyak varietas anggrek yang berbeda yang berkembang dalam berbagai kondisi pertumbuhan yang berbeda.

Sebagian besar anggrek yang dibudidayakan berasal dari daerah tropis. Di habitat alami mereka, mereka menempelkan diri ke kulit pohon, atau permukaan tanaman lain. Akar putih mereka yang tebal secara khusus menyesuaikan diri untuk menyerap kelembapan dan nutrisi yang larut. Karena anggrek tropis ini biasanya tumbuh tinggi di pepohonan, daripada di lantai hutan, mereka terbiasa dengan sirkulasi udara yang baik dan banyak cahaya.
Nah Oleh karena itu Buat kalian para pecinta bunga, utamanya angger pasti sering ditanya pertanyaan seperti sebutkan keunikan bunga anggrek? apa saja keunikan bunga anggrek? Kalian akan dapat menjawab pertanyaan itu dengan jawaban yang simple dan sederhana dari artikel yang berjudul Inilah 7 Keunikan Bunga Anggrek.
Tidak seperti tumbuhan dan hewan lain, anggrek dapat menghasilkan hibrida antar spesies, dan juga antar genera terkait. Ini memungkinkan sejumlah hibrida yang membingungkan, dan merupakan alasan kenapa dan mengapa nama-nama bunga anggrek itu rumit-rumit, karena mereka memang membingungkan.

Fakta dan Keunikan Tanaman Anggrek:
1. Kebanyakan anggrek bermekaran sekali setahun, tetapi jika mekar, mereka akan benar-benar bahagia, bahagia yang dimaksud disini ialah lebih indah dan cerah warnanya, dan setelah itu anggrek akan lebih sering mekar. Jika kamu menginginkan anggrek yang mekar selama musim tertentu, cara terbaiknya adalah membeli tanaman yang sedang mekar pada waktu itu.

2. Ketika anggrek berbunga biasanya mekar selama enam hingga sepuluh minggu.

3. Anggrek tidak menyukai pot, dan biasanya tidak berbunga setidaknya satu tahun setelah bunga anggrek diganggu. Jika memungkinkan, belilah anggrek dalam pot, jangan yang berakar.

4. Setiap bunga anggrek merupakan simetris bilateral, yang artinya dapat dibagi menjadi dua bagian yang sama.

5. Ukuran, bentuk dan tekstur daun bergantung pada habitat. Anggrek yang hidup di iklim kering memiliki daun tebal yang ditutupi dengan lilin, sedangkan spesies yang hidup di daerah yang hangat dan lembab memiliki daun yang tipis dan memanjang. Spesies anggrek tertentu tidak memiliki daun sama sekali.

6. Anggrek dapat hidup di tanah (bentuk terestrial), melekat pada tanaman berkayu (tipe epifit) atau di bawah tanah.

7. Spesies anggrek tertentu bersifat parasit. Mereka tidak mampu menghasilkan makanan (gula) menggunakan sinar matahari dan karbon dioksida (seperti tumbuhan lain). Sebaliknya, mereka memperoleh makanan dari jamur yang hidup di dalam akar mereka.

8. Ikatan antara anggrek dan spesies serangga tertentu sangat ketat dan sangat khusus. Kelopak anggrek memiliki bentuk dan warna yang mirip seperti serangga betina untuk menarik pejantan dan memastikan penyerbukan. Apifera Ophrys, yang lebih dikenal dengan Bee Anggrek, memikat lebah banyak anggrek jantan dan lebah dengan aroma yang menarik. Ketika lebah jantan mendekati bunga untuk kawin, ia akan tertutupi serbuk sari dan serbuknya akan dikirim untuk menyerbuki anggrek berikutnya yang ia kunjungi.

9. Karena spesialisasi penyerbukan yang tinggi, kepunahan serangga berarti kepunahan anggrek (tidak ada hewan/binatang lain yang dapat menyerbuki di alam liar).

10. Bunga anggrek dapat bertahan hidup dari beberapa jam hingga 6 bulan, tergantung spesiesnya.

11. Anggrek menghasilkan beberapa juta biji miniatur. Namun Hanya beberapa biji yang akan berkembang menjadi tanaman dewasa.

12. Orang menggunakan anggrek untuk berbagai tujuan. Zat yang diisolasi dari anggrek digunakan dalam industri parfum, rempah-rempah dan obat tradisional Asia.

Itulah tadi sedikit Fakta dan Keunikan Bunga Anggrek semoga bermabfaat bagi pembaca setia ilmubertani.com
jika artikel ini bermanfaat silahkan komentar di kolom komentar di bawah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *