12 Teknologi Pertanian Modern Terbaru Masa Kini

Posted on

12 Teknologi Pertanian Modern Terbaru Masa Kini
Di bawah ini adalah teknologi yang berkaitan dengan pertanian dan manufaktur alami dengan tiga bidang utama yang mempengaruhi percepatan perubahan dunia pertanian modern: Sensor, Otomatisasi dan Teknik.
Teknologi Sensor membantu pertanian dengan memungkinkan keterlacakan dan diagnosa kondisi tanaman, ternak dan mesin pertanian secara real-time.
Otomasi Modern akan membantu pertanian melalui robot dan microrobot skala besar untuk memeriksa dan memelihara tanaman di tingkat pabrik.
Teknik Pertanian melibatkan teknologi yang memperluas jangkauan pertanian ke sarana baru, tempat-tempat baru dan bidang-bidang ekonomi baru. Yang menarik adalah biologi sintetis, yang memungkinkan pemrograman ulang kehidupan bersel satu secara efisien untuk membuat bahan bakar, produk sampingan yang dapat diakses dari kimia organik dan perangkat pintar.

Sensor

1. Sensor udara & tanah: Penambahan mendasar ke lahan pertanian otomatis, sensor ini akan memungkinkan pemahaman waktu nyata tentang kondisi lahan, hutan, atau perairan saat ini.

2. Peralatan telematika: Memungkinkan perangkat mekanis seperti traktor untuk memperingatkan mekanik bahwa kegagalan kemungkinan akan segera terjadi.

3. Biometrik ternak: Kerah dengan GPS, RFID dan biometrik dapat secara otomatis mengidentifikasi dan menyampaikan informasi penting tentang ternak secara real time.

4. Sensor Tanaman: Daripada meresepkan bidang pemupukan sebelum aplikasi, sensor tanaman resolusi tinggi menginformasikan peralatan aplikasi dengan jumlah yang benar diperlukan. Sensor optik atau drone mampu mengidentifikasi kesehatan tanaman di seluruh bidang (misalnya, dengan menggunakan cahaya infra-merah).

5. Sensor kesehatan infrastruktur: Dapat digunakan untuk memantau getaran dan kondisi material di gedung, jembatan, pabrik, pertanian, dan infrastruktur lainnya. Digabungkan dengan jaringan cerdas, sensor seperti itu dapat memberi umpan balik informasi penting ke kru pemeliharaan atau robot.

Otomatisasi

6. Kontrol petak tingkat variabel: Dengan memanfaatkan teknologi geolokasi yang ada, kontrol petak masa depan dapat menghemat benih, mineral, pupuk dan herbisida dengan mengurangi input yang tumpang tindih. Dengan melakukan pra-perhitungan bentuk bidang di mana input akan digunakan, dan dengan memahami produktivitas relatif dari berbagai bidang di lapangan, traktor atau agbot dapat secara prosedural menerapkan input pada tingkat variabel di seluruh bidang.

7. Pemuliaan selektif iterasi cepat: Generasi berikutnya dari pembiakan selektif di mana hasil akhir dianalisis secara kuantitatif dan perbaikan dilakukan secara algoritme.

8. Robot pertanian: Juga dikenal sebagai agbot, ini digunakan untuk mengotomatisasi proses pertanian, seperti panen, pemetikan buah, membajak, pemeliharaan tanah, penyiangan, penanaman, irigasi, dll.

9. Pertanian presisi: Manajemen pertanian berdasarkan pengamatan (dan menanggapi) variasi intra-lapangan. Dengan citra satelit dan sensor canggih, para petani dapat mengoptimalkan pengembalian input sambil mempertahankan sumber daya pada skala yang lebih besar. Pemahaman lebih lanjut tentang variabilitas tanaman, data cuaca geolocated dan sensor yang tepat harus memungkinkan peningkatan pengambilan keputusan otomatis dan teknik penanaman komplementer.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya
Pengertian dan Cara Kerja Pertanian Modern Hidroponik
Tanaman Hidroponik Beserta Media Tanam Hidroponik Terbaik
1000 Nama Latin Atau Nama Ilmiah Tumbuhan

Teknik

10. Sistem ekologi tertutup: Ekosistem yang tidak bergantung pada pertukaran materi di luar sistem. Ekosistem tertutup seperti itu secara teoritis akan mengubah produk limbah menjadi oksigen, makanan dan air untuk mendukung bentuk kehidupan yang menghuni sistem. Sistem semacam itu sudah ada dalam skala kecil, tetapi keterbatasan teknologi yang ada mencegah mereka dari penskalaan.

11. Biologi sintetis: biologi sintetik adalah tentang pemrograman biologi menggunakan bagian standar sebagai salah satu program komputer menggunakan database standar saat ini. Termasuk redefinisi luas dan perluasan bioteknologi, dengan tujuan akhir untuk dapat merancang, membangun dan meremajakan sistem biologis yang direkayasa yang memproses informasi, memanipulasi bahan kimia, membuat bahan dan struktur, menghasilkan energi, menyediakan makanan, dan memelihara serta meningkatkan kesehatan manusia dan lingkungan kita.

12. Pertanian Vertikal: Perpanjangan alami pertanian perkotaan, pertanian vertikal akan membudidayakan tanaman atau kehidupan hewan dalam pencakar langit khusus atau campuran dalam pengaturan perkotaan. Menggunakan teknik yang mirip dengan rumah kaca, peternakan vertikal dapat menambah cahaya alami menggunakan pencahayaan hemat energi. Keuntungannya sangat banyak, termasuk produksi tanaman sepanjang tahun, perlindungan dari cuaca, mendukung otonomi makanan perkotaan dan mengurangi biaya transportasi.

One thought on “12 Teknologi Pertanian Modern Terbaru Masa Kini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *