Berbagai Jenis Pestisida dan Kegunaannya

Posted on

Berbagai Jenis Pestisida dan Kegunaannya – Pestisida adalah bahan kimia yang digunakan oleh manusia untuk mengendalikan hama. Hama ini mungkin terdiri dari serangga, penyakit tanaman, jamur, gulma, nematoda, siput, dll. Oleh karena itu, insektisida, fungisida, herbisida, dll, juga bisa digolongkan sebagai jenis pestisida. Beberapa pestisida diketahui sangat bergunaa dalam melawan hama. Ada jenis pestisida dimana hanya menyentuh saja maka hama tersebut akan mati, dan ada jenis pestisida dimana hama harus menelan terlebih dahulu pestisda tersebut baru akan terlihat efeknya. Cara setiap pestisida menyerang hama sangatlah beragam. Misalnya, ada pestisida yang mungkin lebih efektif dan lebih tepat sebagai pembunuh, namun juga ada pestisida yang membuat hama hanya menjauhi tanaman yang telah dilindungi saja.

Berikut beberapa jenis pestisida yang bisa digunakan untuk melawan hama di pertanian:
1. Insektisida

Macam Macam jenis Pestisida
Insektisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk mengendalikan serangga. Seringkali kata insektisida disalahartikan dengan kata pestisida. Namun, ini hanyalah salah satu dari banyak jenis pestisida saja. Insektisida dapat membunuh serangga dengan menyentuhnya atau mungkin harus ditelan agar efektif. Beberapa insektisida membunuh keduanya dengan sentuhan dan menelan. Insektisida yang disebut sistemik dapat diserap, disuntikkan, atau dimasukkan ke dalam tanaman atau hewan untuk dilindungi. Ketika serangga memakan tanaman atau hewan ini, ia memakan zat kimia sistemik dan terbunuh.
Insektisida juga bervariasi dalam berapa lama mereka bertahan sebagai pembunuh hama. Bahan kimia ini sangat baik dalam situasi di mana serangga tidak akan kembali lagi ke tanaman yang sudah terkena perlindungan insektisida tersebut. Misalnya, ketika insektisida sering digunakan di rumah dan tempat tinggal di mana orang dan hewan peliharaan dapat terapapar olehnya.
Insektisida lain tetap menjadi pembunuh aktif untuk jangka waktu yang cukup panjang. Pestisida residual ini sangat berguna ketika serangga adalah masalah konstan dan di mana mereka tidak akan menjadi bahaya lingkungan atau kesehatan makhluk di sekitarnya. Misalnya, sering digunakan untuk pengendalian lalat di bangunan peternakan atau untuk pengendalian rayap dalam struktur kayu.

2. Fungisida

Macam Macam jenis Pestisida
Fungisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk mengendalikan jamur yang menyebabkan tanaman terkena hama jamur, membusuk, dan penyakit. Semua fungisida bekerja dengan bersentuhan dengan jamur, karena jamur tidak “menelan” dalam arti normal. Oleh karena itu, sebagian besar fungisida diterapkan di atas area permukaan yang luas untuk mencoba memukul setiap hama secara langsung. Beberapa fungisida mungkin bersifat sistemik karena tanaman yang akan dilindungi dapat diberi makan atau disuntikkan dengan bahan kimia. Bahan kimia kemudian bergerak di seluruh jaringan tanaman, lalu mulai membunuh berbagai hama jamur yang ditemukan.

3. Herbisida

Macam Macam jenis Pestisida
Herbisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk mengendalikan tanaman yang tidak diinginkan. Bahan kimia ini sedikit berbeda dari pestisida lain karena mereka digunakan untuk membunuh atau memperlambat pertumbuhan beberapa tanaman, daripada untuk melindungi mereka. Beberapa herbisida membunuh setiap tanaman yang mereka temui, sementara yang lain hanya membunuh tanaman tertentu. Herbisida dibagi menjadi 2, yaitu herbisida selektif dan tidak selektif.
Herbisida tidak selektif bersifat racun bagi semua tanaman. Ini sering digunakan ketika tidak ada tanaman yang diinginkan di suatu daerah. Sebagai contoh, herbisida tidak selektif dapat digunakan untuk membersihkan tanaman di bawah pagar atau untuk mengendalikan gulma di daerah industri.
Herbisida selektif membunuh beberapa tanaman dengan sedikit atau tanpa akibat yang berarti pada tanaman lain. Biasanya herbisida selektif akan membunuh tanaman berdaun lebar atau tanaman berumput. Ini berguna untuk rumput lapangan golf atau di area lapangan sepak bola.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *