Cara Budidaya Tanaman Bonsai

Posted on

Cara Budidaya Tanaman Bonsai kali ini admin ilmubertani.com akan membagikan tips dan trik budidaya tanaman bonsai Bonsai sendiri dalam artian sederhana merupakan sebuah tanaman normal yang ditanam didalam sebuah pot. Bonsai diletakkan didalam sebuah pot dengan penyesuaian melalui pemangkasan akar dan lain sebagainya. Uniknya, tanaman bonsai ini jika dibiarkan tumbuh sendiri, mereka tidak akan benar-benar terlihat seperti pohon sama sekali. Bonsai harus dipangkas dan diatur agar terlihat seperti pohon atau tanaman sebenarnya. Inilah mengapa bonsai sering disebut sebagai seni hidup. Seni membuat sebuah karya seperti pohon.
Bonsai juga sering diartikan sebagai seni kuno untuk menemukan dan menghormati alam dengan mengubahnya menjadi miniatur. Tidak seperti model kereta api atau rumah boneka, bonsai adalah lanskap hidup. Ini adalah visi seniman bonsai yang diterapkan pada pohon, semak atau tanaman.


Ada beberapa hal yang perlu diingat ketika memilih pohon bonsai untuk dijadikan tanaman yang ingin dirawat dirumah. Yang pertama adalah apakah Anda akan menjaga pohon di dalam ruangan, di luar ruangan atau keduanya. Tidak ada pilihan yang benar atau salah, namun di mana Anda menempatkannya akan mendikte bagaimana Anda akan merawatnya untuk kedepannya.
Jenis pohon yang tumbuh dengan baik di dalam ruangan adalah Ficus, Kingsville Boxwood, Serissa, dan Gardenia. Pohon yang lebih suka di luar rumah adalah Elm, Gingko, Beech, Cedar dan Maple.
Jika Anda berencana untuk memindahkan bonsai Anda antara di dalam dan di luar ruangan, maka akan lebih baik untuk memilih jenis pohon yang kuat. Pohon-pohon di keluarga Evergreen dianggap sebagai pilihan yang sangat baik untuk pertumbuhan indoor / outdoor. Faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika memilih di mana Anda akan tumbuh bonsai Anda adalah lingkungan sekitar Anda.
Saat memilih tempat, pastikan tempat itu memiliki akses ke sinar matahari. Jika Anda berencana menanam bonsai di dalam ruangan, menempatkannya di depan jendela yang terpapar sinar matahari yang cukup merupakan suatu keharusan. Jika tumbuh di luar ruangan, maka matahari teduh parsial adalah yang terbaik.
Dalam budidayanya, terdapat beberapa metode yang digunakan untuk tanaman bonsai itu sendiri. salah satunya adalah Repotting. Repotting adalah proses yang relatif mudah untuk transplantasi bonsai dari satu pot ke pot lainnya. Namun tentunya bonsai membutuhkan waktu beberapa minggu untuk menyesuaikan diri dengan rumah barunya. Selama waktu ini, pastikan untuk memberikan perhatian khusus pada bonsai. Tempatkan di tempat yang tidak akan mengganggu pertumbuhannya dan tentunya berikan air tambahan.

Berikut tips dan langkah-langkah untuk melakukan Repotting:
1. Kurangi penyiraman selama beberapa hari sebelum Anda berencana untuk mencangkoknya. Tanah kering akan lebih mudah dihilangkan dari akar tanaman bonsai.

2. Siapkan pot baru terlebih dahulu, sehingga Anda dapat mengurangi jumlah waktu ketika pohon tidak berada di tanah.

3. Keluarkan pohon dari pot yang ada di dalamnya. Bersihkan kotoran dengan lembut dan berhati-hatilah agar tidak merusak akarnya.

4. Potong akar yang lebih besar dan lebih tebal, dan bersihkan pohon Anda dari akar yang menjulang.

5. Tempatkan secara perlahan pohon ke dalam ruang kosong atau pot baru. Selanjutnya masukkan tanah dan pastikan akar benar-benar telah tertutup tanah. Beberapa orang terkadang menambahkan lumut atau batu kecil di atas tanah. Ini menambah daya tarik visual secara keseluruhan sementara juga membantu akar tetap aman.

6. Jika Bonsai tampak agak tidak stabil, pertimbangkan untuk menggunakan kawat tembaga untuk mengamankan pohon. Metode yang umum adalah memasukkan sedikit kawat tembaga melalui lubang drainase, dan kemudian dengan lembut membungkusnya di sekitar batang pohon Anda untuk membantu menstabilkan itu.

Demikian lah sedikit artikel mengenai Cara Budidaya Tanaman Bonsai jika ada kekurangan dalam artikel ini silahkan tambahkan dengan cara komentar di kolom komentar di bawah ya terimakasih telah berkunjung di site ilmubertani.com semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *