Cara Menanam Cabe

Posted on

Cara Menanam Cabe – Ilmubertani.com Tanaman Cabe mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita cabe merupakan sumber dasar yang setiap hari kita konsumsi,cabai sendiri memiliki berbagai macam verietas dan juga bentuk yang berbeda beda mulai dari cabe rawit cabe Merah dan masih banyak lagi yang lain nya,Nah di artikel kali ini kita akan sedikit bahas cara menanam cabe secara Global nya saja atau secara umum nya mungkin dengan tehnik penanaman yang benar akan memrikan hasil yang maksimal nantinya pada saat panen.

Cara Menanam Cabe Terdapat beberapa Tahap Awal yang harus kalian lakukan Antara lain sbb:

  1. Pengolahan Lahan Dan Pemilihan Benih Yang baik dan unggul
  2. Penyemaian
  3. Penanaman Bibit
  4. Penyemaian
  5. Perawatan
  6. Panen

Langsung Saja Kita bahas poin Pion diatas satu persatu
Cara Menanam Cabai yang baik Dan Benar

  1. Pengolahan Lahan Pemilihan Benih yang baik

Sebelum kalian memulai proses penanaman cabai langkah awal yang harus kalian lakukan adalah pembukaan lahan pembukaan lahan sendiri dapat kalian lakukan bisa menggunakan alat berat atau manual agar gulma yang mengganggu nantinya bisa sedikit berkurang,kemudian selanjutnya pemilihan benih yang baik pemilihan benih yang baik tentunya akan sangat mempengaruhi di hasil panen nanti jika dari awal saja kita sudah memberikan benih yang baik dan berkualitas maka hasil yang akan didapat nantinya akan lebih maksimal

    2. Penyemaian

langkah selanjutnya setelah proses pengolahan lahan adalah penyemaian,sebelum bibit di tanam di lahan sebaiknya dilakukan proses penyemaian terlebih dahulu penyemaian sendiri bisa dilakukan dengan polibag yang telah dicampuri media tanam skam atau kompos sehingga akan tumbuh lebih subur

   3. Penanaman/Pemindahan Bibit

Penanaman bibit cabai setelah proses persemaian selesai kemudian pindahkan bibit tanaman cabe dari tempat persemaian Lakukan pemindahan bibit dengan hati-hati, jangan sampai terjadi kerusakan pada perakaran tanaman. untuk menanam bibit cabe lakukan pelepasan terlebih dahulu plastik polibag nya.

4. Perawatan

perawatan Pada tanamn cabai dapat kalian kalukan dengan langkah langkah sbb:

  1. Pemupukan
    berikan pemupukan tambahan dengan dosis satu sendok makan NPK per polybag setiap bulannya. Atau apabila ingin menanam cabe secara organik, sebagai gantinya semprotkan pupuk organik cair pada masa pertumbuhan daun dan pertumbuhan buah. Tambahkan satu kepal kompos atau pupuk kandang kambing pada saat tanaman mau berbuah.
  2. Penyiraman
    tanaman cabe sebaiknya disiram sekurang-kurangnya 3 hari sekali. Apabila matahari bersinar terik, siram tanaman setiap hari.
  3. Pengajiran
    setelah tanaman cabe tumbuh sekitar 20 cm, berikan ajir bambu. Ajir ini berguna untuk menopang tanaman agar berdiri tegak.
  4. Perompesan
    Perompesan tunas-tunas muda yang tumbuh di ketiak daun sebaiknya dihilangkan (dirompes). Perompesan dimulai pada hari ke-20 setelah tanam, perompesan biasanya dilakukan tiga kali hingga terbentuknya cabang. Gunanya agar tanaman tidak tumbuh kesamping ketika batang belum terlalu kuat menopang.
    Hama dan penyakit, penggunaan pestisida sebaiknya hanya dilakukan apabila tanaman terlihat terserang hama atau sakit. Apabila terlihat ada hama putih semprot dengan pestida, bila terlihat ada bakal ulat semprot dengan insektisida secukupnya, kalau terlihat jamur gunakan fungisida. Untuk bercocok tanam cabe organik gunakan pestisida alami, silahkan lihat di cara membuat pestisida organik.

 5.Pemanenan 

Pemanenan cabe dapat dilakukan mualai umur 60-75 hari setelah di taman untuk cara panen nya sendiri cukup mudah tinggal kalian petik dan sortir saja cabai yang sudah mulai tua

Demikian lah tadi artikel tadi mengenai cara menanam Cabe Yang baik dan benar semoga bisa menjadi referensi kalian dalam budidaya cabai jangan lupa tinggalkan komentar di bawah agar admin semakin semngat update nya ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *