Cara Menanam Jagung Yang Baik dan Benar

Posted on

Cara Menanam Jagung Yang Baik dan Benar Ilmubertani.com Siapa si yang tidak mengenal tanaman yang satu ini mungkin dari kawan kawan yang suka dengan tanaman jagung karena banyak sekali manfaat nya bagi kita karena tanaman jagung bisa diolah dengan berbagai bentuk dan cara sesuai dengan selera kita,Jagung memiliki waktu panen yang terbilang singkat daripada tanaman-tanaman lainnya. Tanaman ini jika dipanen pada masa yang optimal dapat menghasilkan buah yang memiliki tekstur serta rasa manis dan berair. Jagung juga termasuk tanaman yang berbeda dari tanaman lain, dikarenakan masa panennya yang tidak terlalu lama. Sekitar 60-90 hari setelah masa tanam. Perlu digaris bawahi, menanam jagung harus memperhatikan beberapa hal, seperti penggunaan tanah. Tanah yang digunakan haruslah tanah yang gembur dan memiliki tingkat kesuburan tinggi. Jika menggunakan tanah yang keras untuk media penanaman, jagung dipastikan tidak dapat tumbuh dengan baik dan benar.


Dalam metode penanamannya, Jagung membutuhkan banyak ruang karena butiran serbuk sari harus bisa diraih oleh rumbai dedaunan yang tumbuh dari puncak tanaman. Mereka harus menemukan jalan mereka ke untaian halus putik yang muncul dari bagian jagung yang baru terbentuk. Untuk memastikan bahwa putik dapat dicapai dengan baik oleh serbuk sari, tanamlah jagung dalam balok-balok pendek, bukan dalam satu baris panjang. Di kebun kecil, 15 tanaman yang terpisah 1 kaki dapat ditanam di tempat persegi berukuran 3 x 5 kaki. Menumbuhkan jagung dalam skala kecil ini adalah cara yang baik untuk memperkenalkan diri pada tanaman jika kalian tidak pernah menumbuhkannya. Setelah tahun pertama, kalian mungkin ingin menambah ukuran tanam, setidaknya 4 baris dengan panjang 10 kaki.

Baca Arikel menarik lainnya
Budidaya Cabai Rawit di Rumah Sendiri
Perkembangan pertanian Organik di Dunia

 

Cara Menanam Jagung Yang Baik dan Benar

Dibawah ini kami rangkumkan langkah-langkah menanam jagung dengan baik dan benar:
1. Tanam dengan perkiraan jarak yang cukup.
Ketika melihat benihnya, mudah untuk melupakan seberapa besar dan tinggi jagung akan tumbuh. Pikirkan tentang tanaman akhir dan berikan jarak yang tepat yang dibutuhkan untuk hasil terbaik.

2. Tanam ketika tanah dalam kondisi hangat.
Jagung menyukai tanah hangat (setidaknya 50 ° F atau 10 ° C). Jika kalian meletakkan benih terlalu dini, kemungkinan benih tersebut akan membusuk sebelum tumbuh. Jika kalian tidak bisa menunggu, kalian bisa memanaskan tanah tersebut dengan meletakkan plastik hitam selama beberapa hari.

3. Tanam jagung satu sama lain dalam blok.
Penyerbukan jagung sangat menarik. Serbuk sari berada di bagian atas tanaman jagung dewasa. Serbuk sari harus entah bagaimana menemukan jalannya ke tanaman jagung lain guna bertemu putik. Serbuk sari melapisi setiap helai bagian untuk membentuk kernel jagung. Jika serbuk sari tidak sampai ke putik maka tidak akan ada benih jagung. Itulah sebabnya mengapa angin dan kesamaan varietas jagung di dekatnya menjadi sangat penting untuk penyerbukan.

4. Memberi nutrisi dan air secara reguler.
Jagung adalah tanaman dengan konsumsi nutrisi yang cukup banyak, terutama nitrogen. Air juga menjadi bagian penting yang tak bisa dipisahkan. Untuk pemberian pupuk, bisa menggunakan pupuk kompos pada awal masa tanam agar nutrisi yang dibutuhkan tercukupi.

5. Panen dengan cara yang tepat.
Setelah panen, jagung diwajibkan untuk dikeringkan terlebih dahulu. Cara pengeringan yang biasanya dilakukan adalah dengan menjemur jagung di tempat yang panas. Diharapkan dengan pengeringan ini, kualitas jagung yang dipanen masih tetap terjaga. Meskipun begitu, risiko kerusakan jagung juga cukup besar pada masa pengeringan. Jadi pastikan melakukan pengeringan dengan hati-hati. Apalagi bila melakukan pengeringan di musim hujan. Risiko tumbuhnya jamur menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi. Jika dibiarkan, jamur bisa merusak kualitas jagung lebih dari 50%.

Demikian lah sedikit artikel mengenai Cara Menanam Jagung Yang Baik dan Benar semoga bisa menjadi referensi bagi petani petani indonesia dalam menanam tanaman jagung jika artikel ini masih terdapat kekurangan silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah agar kita bisa sama sama belajar terimakasih telah mampir dan membaca artikel tentang cara budidaya jagung semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *