Cara Mengatasi Hama Pada Tanaman

Posted on

Cara Mengatasi Hama Pada Tanaman -Tujuan dari setiap budidaya berbagai jenis tanaman organik adalah untuk menciptakan taman yang sehat dengan membuat tanah subur dan dengan meningkatkan keanekaragaman hayati. Tugas yang paling penting ketika penumbuhan tanaman adalah mencegah terjadinya hama dan penyakit. Ini lebih baik diperhatikan dengan seksama daripada kita nantinya harus bereaksi terhadap mereka. Faktanya, sekali hama atau penyakit muncul pada tanaman, seringkali sangat sedikit yang dapat dilakukan untuk mengendalikannya secara efektif. Melindungi tanaman dari hama dan penyakit pun harus dimulai sebelum tanaman ditanam atau dibudidaya.
Hama menjadi sebuah penyakit utama pada setiap usaha pertanian di dunia. Berbagai cara telah dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi perkembangan hama atau bibit penyakit pada tanaman. Perkembangan hama sangatlah merugikan karena dampak dari adanya hama tersebut adalah penyerapan nutrisi hingga perusakan tanaman itu sendiri. Jika hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin tanaman yang terkena hama bisa mati begitu saja.
Sebenarnya, terdapat berbagai hal untuk mengatasi pertumbuhan hama pada tanaman.

Cara Mengatasi Hama Pada Tanaman

Berikut diantaranya:
1. Menjaga kesehatan tanah.
Menciptakan tanah sehat yang kaya nutrisi mungkin adalah salah satu cara paling penting untuk memerangi hama dan penyakit. Tanah yang sehat mengarah ke tanaman yang kuat. Cara terbaik menambahkan nutrisi dan memperbaiki struktur tanah adalah dengan menambahkan banyak bahan organik, seperti pupuk kandang dan kompos. Coba hindari menggunakan pupuk kimia anorganik karena mereka hanya memberikan manfaat jangka pendek, tidak memperbaiki struktur tanah, dan sering menyebabkan terhambatnya perkembangan tanaman.

2. Penanaman berbagai jenis tanaman yang berbeda.
Menumbuhkan jenis tanaman yang sama di tanah yang sama setiap tahun dapat menyebabkan penumpukan hama dan penyakit yang mempengaruhi jenis tanaman tersebut. Tanaman dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, diantaranya akar, brassica, kacang polong (kacang polong, kacang-kacangan) dan yang lainnya (kentang, bawang, tomat). Pindahkan tanaman kalian setiap tahun sehingga kelompok tanaman yang sama tidak berada di area yang sama selama lebih dari satu musim.

3. Ciptakan ekosistem yang bermanfaat untuk tanaman.
Dengan menumbuhkan tanaman tertentu dan menyediakan jenis habitat yang tepat di kebun, kalian dapat menarik banyak serangga dan hewan yang bisa membantu pertahanan kebun kalian terhadap beberapa hama tahunan. Kepik, katak, kodok, landak, dan burung adalah sekutu dalam dunia pertanian, dan harus didorong ke kebun kalian sebanyak mungkin. Ayam betina juga sangat baik dalam mengendalikan hama karena mereka memakan apa saja, tapi sayangnya mereka juga memakan sayuran serta berbagai tanaman yang lainnya.

4. Jangan menanam tanaman yang lemah terhadap hama.
Kita sering menanam tanaman jauh lebih banyak dari yang kita butuhkan, dan akan merasa sangat sulit jika tidak mencoba untuk menanamnya. Tetapi jangan mudah untuk menanam tanaman yang lemah karena tanaman lemah mudah diserang dan hanya akan mendorong datangnya hama dan penyakit. Coba biasakan diri hanya tanam tanaman yang memiliki daya tahan kuat terhadap hama dan jangan lupa sediakan kompos untuk menunjang kebutuhan nutrisinya.

5. Buat media tanam nyaman dan bersih.
Siput suka di mana saja tempat yang gelap dan lembap untuk bersembunyi. Jadi ide yang paling tepat adalah menghilangkan apa pun yang mereka anggap menarik, seperti papan kayu, batu besar dan lembaran paving tua. Gulma dan tanaman lama yang tersisa adalah tempat yang bagus untuk hama dan penyakit berlama-lama, jadi sangat layak untuk membersihkannya. Menghilangkan rumput liar akan memberi hama lebih sedikit makanan untuk dimakan.

Demikian lah tadi sedikit artikel mengenai Cara Mengatasi Hama Pada Tanaman semogaartikel yang singkat ini dapat membantu kalian dalam mengatasi berbagai hama yang menyerang pada tanaman jika artikel ini bermanfaat jangan lupa komentar di bawah ya biar admin selalu rajin posting lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *