Jenis Tanaman Hidroponik Yang Mudah Ditanam

Posted on

Jenis Tanaman Hidroponik Yang Mudah Ditanam – Tanaman hidroponik memberikan akses yang mudah untuk keluarga memiliki gaya hidup sehat. Makanan yang berasal dari jenis tanaman yang segar serta mudah didapat membuat banyak orang tertarik untuk mencoba sistem hidroponik ini. Sistem pertanian ini adalah sistem pertanian yang ramah lingkungan. Bisa dibuat di rumah sendiri dengan alokasi lahan yang tidak terlalu besar. Alat yang digunakan pun bisa dibeli di toko-toko pertanian dan dapat dipelajari dengan baik terlebih dahulu. Jika peralatan tersebut dirasa terlalu mahal, Anda bisa membuatnya sendiri dengan peralatan yang cukup sederhana. Banyak tutorial-tutorial di internet yang menjelaskan step by step mekanisme pembuatan alat hidroponik ini. Tentunya dengan memperhatikan aspek-aspek pertanian yang ada.

Banyak orang bertanya, jenis tanaman seperti apa sih yang bisa ditanam dengan metode hidroponik?
Untuk pembahasannya, sebenarnya hampir semua tanaman bisa ditanam menggunakan metode ini, namun ada beberapa poin penting yang harus ditelaah terlebih dahulu sebelum melakukan penanaman.
Tanaman yang akan di tanam secara hidroponik biasanya bukan tergolong jenis tanaman yang lama. Lama yang dimaksud adalah lama masa panennya. Seperti contoh tanaman padi. Memang mungkin teknik ini diterapkan pada tanaman tersebut, tetapi dalam pengaplikasiannya pasti dirasa kurang cocok. Jika dilakukan pun pasti ada tujuan tertentu yang ingin dicari. Semisal untuk melihat kecocokan sebuah tanaman terhadap satu metode atau yang lainnya.
Nah, berikut ini beberapa tanaman yang bisa Anda tanam dengan baik menggunakan metode hidroponik:
1. Selada.
Selada menjadi bahan yang sempurna untuk kebutuhan sarapan Anda. Tanaman ini sangat cocok untuk ditanam dirumah sendiri. Mereka tumbuh sangat cepat dalam metode hidroponik serta mudah untuk dirawat. Tidak diragukan lagi bahwa tanaman ini bisa Anda tanam dengan sistem hidroponik.

2. Tomat.
Banyak jenis tomat yang telah tumbuh dalam pertanian menggunakan sistem tradisional atau menggunakan sistem modern hidroponik. Tomat sendiri pun termasuk ke dalam golongan sayuran, yang tentunya sangat dibutuhkan dalam setiap masakan keluarga. Perlu diingat, budidaya hidroponik juga memerlukan pemahaman mengenai karakteristik tanamannya. Seperti halnya tomat ini. Tomat membutuhkan banyak cahaya untuk bertumbuh. Jadi jangan lupa untuk membeli beberapa lampu sebagai pemenuh kebutuhan cahaya bagi tomat itu sendiri.

                                               Hidroponik tomat

3. Lobak.
Lobak berfungsi sebagai penyedap makanan di setiap hidangan yang disajikan. Lobak juga menjadi salah satu sayuran yang paling mudah tumbuh tanpa tambahan cahaya apapun. Sebaiknya penanaman tanaman lobak ini dimulai dengan biji. Perkembanganya biasanya terlihat setelah 3-7 hari. Dengan metode hidroponik, lobak dapat tumbuh subur dengan suhu yang dingin sekalipun.

                                    Tanaman Hidroponik Lobak

4. Kubis.
Kubis merupakan tanaman yang lezat dan bergizi untuk hidangan rumah ataupun restoran. Ini adalah sayuran yang bagus untuk keluarga dengan manfaat kesehatan yang terbukti. Kabar baiknya lagi, ternyata banyak orang yang sudah pernah menanam kubis menggunakan sistem hidroponik bertahun-tahun. Memang kubis dapat tumbuh baik menggunakan sistem ini.

                                          Tanaman Hidroponik Kubis

5. Ketimun.
Ketimun adalah tanaman merambat umum yang ditanam di rumah dan di rumah kaca komersial. Mereka menikmati pertumbuhan yang cepat dalam kondisi cukup dan karenanya memberikan hasil yang sangat tinggi. Ada beberapa jenis dan ukuran mentimun, namun mereka semua bisa tumbuh dengan baik di sistem hidroponik ini. Ketimun adalah tanaman yang mebutuhkan suhu cukup hangat jadi pastikan untuk menyinarinya dengan cahaya dan suhu yang cukup.

                                Tanaman Hidroponik Ketimun

Demikina lah tadi artikel mengenai jenis jenis tanaman hidroponik yang saya rekomendasikan untuk kalian tanam di areal perumahan yang terbatas semoga bisa menjadi referensi kalian dalam menentukan jenis tanaman sayuran hidroponik yang akan kalian tanam.

One thought on “Jenis Tanaman Hidroponik Yang Mudah Ditanam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *