Kelebihan dan Kekurangan Pertanian Modern

Posted on

Kelebihan dan Kekurangan Pertanian Modern Pertanian modern sudah banyak diterapkan di berbagai negara di dunia, salah satunya Indonesia. Berlandaskan pada pemecahan masalah di bidang pertanian, sistem pertanian modern kini sudah berkembang cukup luas. Pengendalian lingkungan serta pemanfaatan teknologi secara maksimal menjadi sektor penting pertanian modern itu sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Pertanian Modern

Saat kita berbicara mengenani pertanian modern dan pertanian tradisional, ada beberapa perbedaan yang jelas terlihat di dalamnya. Seperti bagaimana sistem serta teknik yang digunakan dan berbagai macam hal lainnya. Ini mengakibatkan banyak individu yang membandingkan kedua sistem pertanian ini. Proses dan dampak bagi lingkungan juga jadi hal yang cukup diperhatikan.
Jika kita melihat sistem yang ada, sistem pertanian modern kini menjadi sistem yang cukup diminati oleh sebagian besar petani di Indonesia. Teknologi yang ikut andil dalam pengerjaan menjadi faktor penting kenapa sistem ini banyak diminati oleh petani.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya
Pengertian dan Cara Kerja Pertanian Modern Hidroponik
Perkembangan Pertanian Modern Diindonesia
Perusahaan Pertanian Terbesar Di Dunia
12 Teknologi Pertanian Moder Masa Kini

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan sistem pertanian modern yang ada di Indonesia:
Kelebihan

1. Penggunanaan teknologi modern.
Sistem pertanian modern pastinya telah didukung dengan berbagai macam teknologi maju dalam pengerjaannya. Sebut saja traktor. Traktor sudah menjadi bagian penting yang tak terpisahkan di dalam sistem pertanian modern saat ini. Fungsi traktor sebagai pengolah tanah telah menggantikan kinerja para petani di sistem pertanian tradisional. Ini membuat traktor lebih banyak dicari karena efisiensi pengerjaan dan keefektifan waktu yang digunakan lebih baik daripada tenaga manusia.

2. Bibit bermutu dan berkualitas tinggi.
Dengan tingginya intensifitas perawatan serta pemeliharaannya, sistem pertanian modern kala ini telah menjadikan sistem tersebut menjadi sistem yang membuat tanaman kita menjadi tanaman unggul dan berkualitas sangat baik. Selain disebabkan perawatan yang modern, tingginya mutu tanaman juga disebabkan oleh berbagai faktor eksternal. Sebut saja pupuk. Beraneka ragam pupuk sudah banyak tersedia di pasaran guna menunjang kebutuhan pertanian saat ini.

3. Hasil produksi yang lebih besar.
Pertanian modern yang dilengkapi dengan segala kecanggihan teknologi, otomatis pasti akan membawa dampak yang besar pada sektor produksinya. Ini juga yang menyebabkan kenapa para petani sekarang lebih memilih beralih ke sistem pertanian modern daripada sistem pertanian tradisional. Keuntungan yang bisa didapatkan pun juga akan bertambah

Kekurangan
1. Pengeluran biaya yang cukup besar.
Pembelian berbagai alat teknologi modern biasanya cukup mahal. Ini disebabkan lantaran barang-barang tersebut memiliki kegunaan yang besar serta terdapat teknologi yang canggih di dalamnya.

2. Penggunaan pupuk dan pestisida yang berbahaya bagi ekosistem.

Penggunaan pupuk dapat mengubah kondisi biologis lingkungan disekitarnya. Pestisida juga termasuk zat yang berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia. Ini yang mengakibatkan dilarangnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan pada tanaman pertanian.

3. Eutrofikasi.
Eutrofikasi merupakan masalah lingkungan (khususnya air tawar) yang disebabkan oleh limbah fosfat. Kembali, masalah ini disebabkan oleh pupuk kimia yang digunakan pada tanaman pertanian. Sangat berbahaya apabila hal semacam ini dikonsumsi oleh manusia.

4. Kondisi tanah yang longsor.
Ketika pasokan air yang berlebihan terus menerus diberikan pada tanah pertanian, maka potensi terjadinya guguraan tanah atau longsor terjadi kian besar. Tidak hanya hal itu saja, lapisan tersubur pada tanah juga akan terkikis sedikit demi sedikit sehingga menciptkan pendangkalan terhadap badan tanah. Hilangnya nutrisi pada tanah akan menyebabkan menurunnya tingkat produktifitas tanaman dan jika dibiarkan berangsur-angsur, kemungkinan tanaman pertanian akan mati cukuplah besar, mengingat tanah adalah bagian terpenting dari sebuah tanaman.

Demikian lah Artikel mengenai Kelebihan dan Kekurangan Pertanian Modern mamang semua ada nilai positif dan negatifnya semoga dengan artikel diatas kita akan semakin bijak dalam bertani terimakasih telah mampir dan membaca artikel artikel di sini semoga bermanfaat bagi pemnaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *