Kiat Sukses Menjadi Petani

Posted on

Kiat Sukses Menjadi Petani Menjadi petani bukanlah hal yang mudah. Perlu pemahaman yang mendalam mengenai berbagai ilmu tentang pertanian. Seorang petani juga harus memiliki tekad yang kuat, ambisi yang besar, dan etos kerja tinggi. Pengalaman yang mumpuni juga menjadi poin lebih dalam pemahaman teknik pertanian yang baik dan benar.
Agar berhasil dalam usahanya, seorang petani harus tahu banyak tentang tanah dan produk-produk yang akan dia kembangkan. Setiap tumbuhan dan hewan adalah organisme yang ekosistemnya tidak jauh dari hal tersebut. Petani yang ingin berhasil dalam budidaya gandum, jagung, tembakau, atau kapas, misalnya, harus benar-benar akrab dengan karakteristik tanaman, perkecambahan dan pertumbuhannya, penyakit dan hama yang rentan, dan metode mengendalikannya.

Kiat Sukses Menjadi Petani
Di bawah ini kami berikan kiat-kiat sukses untuk menjadi seorang petani, antara lain:

1. Pilih jenis tanaman yang akan ditanam.
Dalam banyak kasus, ada dua kategori utama yang biasanya dipilih oleh petani dalam memilih tanaman yang akan ditanam. Yang pertama adalah tanaman cepat panen. Tanaman cepat panen adalah tanaman yang menghasilkan produksi dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama dari masa tanam. Contoh tanaman cepat panen adalah selada, bayam, lobak, sawi, kecambah, dan okra. Kedua adalah tanaman dengan masa panen yang cukup lama dari waktu tanam. Contoh tanaman lama panen adalah padi. Padi memerlukan selebihnya 4 bulan dari masa tanam benih untuk di panen.

2. Berdiskusi dengan petani yang sudah berpengalaman.
Sangat disarankan agar kalian dapat menemukan petani yang bertani dengan cara mirip seperti apa yang ingin kalian lakukan. Disarankan juga untuk meminta mereka memberi kalian pengetahuan mengenai sistem operasi mereka. Cari juga di internet untuk mencari tahu tentang beberapa acara pertanian lokal yang akan datang, dan sebisa mungkin hadiri acara tersebut unutk bertanya-tanya dan mendapatkan ilmu dari mereka. Kalian akan menemukan banyak produsen aktif yang mungkin kalian kunjungi di acara-acara semacam itu. Di sana, pertanyaan pertanyaan yang kalian ajukan pasti akan diresopon dengan baik oleh para petani-petani profesional, dan pastinya ada pelajaran yang bisa didapatkan seperti pemahaman yang lebih baik tentang pengalaman pertanian itu sendiri.

3. Meneliti berbagai hal sebanyak mungkin.
Bacalah buku-buku yang membahas jenis pertanian yang ingin kalian ikuti. Perpustakaan adalah tempat yang bagus untuk memulai, dan idealnya perpustakaan akan memberi lebih banyak sumber daya daripada tempat-tempat lainnya. Sebuah toko buku juga ideal jika kalian ingin memulai koleksi buku-buku yang berhubungan dengan pertanian yang dapat kalian referensikan kapan pun kalian suka melalui pembelian atau pemesanan buku.
Cari di internet untuk berbagai artikel yang mencakup banyak topik dari perusahaan pertanian tertentu yang ingin kalian mulai. Di internet juga terdapat banyak PDF mengenai pertanian. PDF di sini memberikan beberapa saran bagi mereka yang ingin masuk ke bidang pertanian. Ada juga situs web yang berisi banyak informasi untuk petani pemula. Sejujurnya, jika kalian ingin di mencari Google dengan istilah pencarian “petani pemula” kalian akan menemukan sejumlah besar tautan informasi mengenai cara memulai bertani.
Cari dan baca beberapa forum diskusi online yang berisi berbagai topik tentang pertanian, mulai dari pengembangan teknologi tanaman dan mesin atau peralatannya. Forum online adalah tempat yang bagus untuk membahas sejumlah topik dalam pertanian dengan produsen dan ahli pertanian lainnya yang ada di berbagai belahan dunia.

Demikian lah tips sukses menjadi seorang petani menurut ilmubertani.com silahkan tambahkan di kolom komentar jika masih ada yang ingin kalian tambahkan karena disini kita belajar bersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *