Macam Macam Tanaman Hias Air Yang Terapung

Posted on

Macam Macam Tanaman Hias Air Yang Terapung -Tanaman air atau disebut juga dengan hidrofit adalah tumbuhan yang sudah menyesuaikan diri untuk hidup pada lingkungan perairan.
Beberapa jenis tumbuhan air yang biasa kita kenal adalah jenis tanaman air yang tumbuh liar di air tawar, yakni disungai, di kolam, maupun di danau. Namun pada perkembangannya tanaman air juga tidak sedikit dijadikan sebagi tanaman hias empang ikan yang dapat menambah kesan hidup dan alami. Di samping mempercantik kolam, beberapa jenis tanaman air dapat berfungsi sebagai pembersih air kolam.selain itu juga tanaman ini ada juga yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias air yang patut kalian coba karena dianggap cantik dan juga bagus sebagai tanaman hias di kolam.

Di bawah ini merupakan beberapa contoh jenis tanaman Air hias yang bias kalian jadikan sebagai tanaman hias di air maupun tanaman hias terapung diair

1. Lidi air (Typha angustifolia)
Tanaman ini Dinamakan lidi air sebab tanaman ini dari kejauhan mempunyai jenis yang serupa dengan lidi terbalik, sebab batang-batangnya gepeng berwarna hijau bergaris kuning dan mempunyai ujung yang runcing. Sehingga tumbuhan ini dinamakan lidi air. Tanaman ini tahan diterpa oleh sinar matahari sehari penuh, tumbuhan lidi air mempunyai pertumbuhan yang cepat sampai-sampai tumbuhan ini dapat memikat hati para pecinta tanaman air.

 Tanaman lidi air

2. Eceng Gondok (Eichhornia crassipes)
Eceng gondok adalah tanaman yan populer di Indonesia. Tanaman ini berasal dari brasil, pada awalnya munculnya eceng gondok dibawa atau diperkenalkan oleh orang orang Brasil yang dipakai sebagai tumbuhan hias. Tanaman ini mampu berkembang biak dengan cepat sampai-sampai tanaman ini dirasakan sebagai gulma. Namun, seiring dengan berjalannya waktu ini tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan eceng gondok sebagai bahan kerajinan dan pakan ternak. Tanaman eceng gondok mempunyai bunga dengan tampilan yang eksotis dengan warna ungu muda dan tersusun malai dan melulu mekar satu hari saja. Tanaman ini tumbuh mengambang pada genangan air, dan dapat tidak sedikit kita temukan di perairan seperti halnya sungai, telaga maupun rawa-rawa.

eceng dondok

3. Lotus (Nelumbo nucifera)
Tanaman lotus memerlukan media air dan tanah guna tumbuh, seringkali tanaman ini dijadikan sebagai tumbuhan hias dan ditaruh dalam pot tanah liat yang tinggi. Tanaman lotus mempunyai bunga yang tumbuh paling besar cantik dengan warna putih dan merah. Lotus mempunyai ukuran daun besar, dan ada pun yang berukuran kecil. Tangkai tumbuhan lotus dapat mencapai 1 meter lebih. Biasanya bunga lous hadir dan mekar bersamaan dengan hari raya keagaman.

Tanaman Lotus

4. Kapu-kapu (Pistia stratiotes)
Tanaman ini tidak jarang disebut dengan tumbuhan apu-apu. Tanaman ini tumbuh di perairan dengan mengapung, mempunyai daun hijau dengan ditumbuhi bulu-bulu halus yang bertekstur seperti halnya beludru, akar serabut berwarna putih. Meskipun tumbuhan ini tidak jarang kita jumpai di empang dan rawa-rawa, tanaman ini jika terkena sinar matahari langsung daunnya bakal cepat kuning dan hancur. Tanaman ini seringkali digunakan untuk tempat hias ikan yang akan bertelur.

Tanaman kapu kapu

5. Melati Air (Echinodorus paleafolius)
Tanaman melati air mempunyai bunga warna putih yang tumbuh berjajar pada tangkainya yang panjang dalam jumlah sejumlah kuntuk. Bunga melati akan hadir dipagi hari secara bergantian. Dari bekas-bekas bunga yang muncul seringkali akan tumbuh tunas tunas baru. Melati air mempunyai daun yang kaku, dan ditumbuhi bulu bulu kasar pada unsur atas dan bawah daunnya. Terdapat 3 macam jenia daun yang dipunyai tanaman melati air, yakni bulat besar, lonjong besar dan lonjong kecil berbercak. Tanaman ini tubuh dalam air yang berlumpur.

Melati Air

6. Teratai (Nyamphaea)
Teratai adalah tanaman air yang sangat dikenal dan sangat sering digunakan. Alasannya sebab teratai mempunyai bunga cantik berwarna warni dengan daun yang mengapung dalam permukaan air. Ukuran bunga teratai berkisar antara 45-90 cm. Teratai juga memiliki banyak sekali jenia atau macam varietas yang dibedakaan dari jenis bunganya.

Teratai

7. Kala lili (Zantedeschia aethiopica)
Kala lili adalah tanaman air yang memiliki jenis yang mirip seperti tercipta dari lili. Dengan jenis yang seperti corong berwarna putih dan putik dengan warna kuning cerah. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi andai kurang mendapat cahaya matahari, bunga yang hadir memiliki wewangian atau bau yang lembut.

Tanaman Kali Kali

8. Papyrus payung (Cyperus alternifolus)
Tanaman ini tumbuh secara berkelompok dengan perkembangan yang cepat. Papyrus mempunyai batang jenis segitiga sengan menjangkau ketinggian sampai 1 meter lebih, dan bunga akan hadir di ujung batang serupa daun.

9. Bambu air (Equisetum hyemale)

Tanaman bambu air adalah tanaman air yang serupa dengan bambu yang hidup di daratan. Tumbuhan ini berukuran kecil, dengan tinggi selama 25 cm hingga 100cm saja dan diameter tidak lebih dari 3cm. Biasanya tumbuhan ini bisa dijadikan sebagai tumbuhan hias yang letakkan pada suatu pot besar mengandung lumpur dan genanagan air.
Tanaman air sebetulnya dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu tumbuhan dalam air, tanaman mengapung dan tumbuhan tepian. Dari masing-masing jenisnya memiliki format daun dan bunga yang memiliki karakteristik masing-masing. Aneka jenis tumbuhan air mulai dikenal dan disukai masyarakat pada awal tahun 90-an dan dari tahun ke tahun tumbuhan air berkembang dengan lumayan pesat.

10. Pisang air (Typhonodorum lindyeyanum)

Pisang air

Tanaman air jenis ini disebut dengan pisang air sebab memiliki kesamaan dengan pohon pisang, tetapi bedanya pisang air mempunyai daun talas. Pisang air dapat tinggi sampai setinggi 4 meter dengan daun bergelombang dan berbentuk oval yang dapat menjangkau ukuran 1,5 meter.

Nah itulah tadi macam macam jenis tanaman hias terapung yang dapat kalian jadikan sebagai referensi untuk mempercantik kolam anda,jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman teman terimakaih telah membaca artikel yang sederhana ini semoga bermanfaat dan membantu ya.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *