Mesin dan Alat Inovatif Pertanian dan Fungsinya

Posted on

Mesin dan Alat Inovatif Pertanian dan Fungsinya – Ilmubertani.com Pertanian modern ini telah berubah karena adanya teknologi. Kini dengan teknologi modern hasil yang diperoleh dan kualitas barang menjadi lebih banyak dan berkualitas. Secara umum, Mesin dan Alat teknologi pertanian digolongkan dalam 3 jenis yaitu :
• Mesin dan Alat penanam Modern
• Mesin dan Alat pengolah tanah modern
• Mesin dan Alat pemanen modern

Berikut ini adalah alat terbaru pertanian dan Fungsinya:
A. Mesin dan Alat pengolah tanah modern
1. Traktor

Mesin dan Alat Inovatif Pertanian dan Fungsinya
Traktor umunya digunakan untuk membajak sawah. Alat ini telah sangat popular di dunia. Karena keefektifannay dan tidak rumit, traktor hampir dimiliki oleh seluruh petani. Dengan roda yang dirancang untuk bergerak dengan mantap di tanah yang tidak rata, mesin ini bekerja dengan baik bahkan di ladang banjir.
Traktor bekerja dengan mesin poros tunggal yang kuat yang dapat membantu dalam pembajakan sawah,hortikulra dan perkebunan.

2. Rotavator
Rotavator ini memiliki 2 jenis fungsi yaitu pengolahan tanah pertama dan kedua. Pengolahan pertama meliputi :mencacah, memotong dan membolak-balikkanna h sedangkan pengolahan tanah kedua meliputi :memperbaiki irigasi di tanah(masukknya air), menghilangkan tanaman gulma dan merapikan kembali tanah. Alat ini terbilang cukup mahal tetapi berfungsi banyak.

3. Bajak Singkal
Bajak Singkal ini mempunya fungsi mirip Rotavator. Bedanya bajak singkal khusus untuk membolak-balikkan tanah. Ada 2 jenis bajak singkal yaitu bajak singkal satu arah dan bajak singkal dua arah. Alat ini terbilang cukup banyak ditemui di pertanian pertanian modern.

4. Garu Sisir
Garu sisir digunakan untuk menghancurkan bongkahan tanah . Alat ini digunakan setelah Bajak singkal, umumnya digunakan saat kondisi tanah basah agar bongkahan tanah dapat gembur.

5. Garu Piring
Garu Piring berfungsi pada akhir penanaman untuk menutupi benih yang sudah disebar di tanah dan membersihkan rumput pada lahan tanam pada awal penanaman.

6. Bajak Subsoil
Alat yang terkenal mahal dan cukup sulit ditemukan di pertanian umum ini memiliki fungsi yang sangat khusus. Bajak Subsoil berfungsi untuk memecahkan tanah hingga kedalaman 20-36 inci. Umumnya digunakan untuk pembuatan parit pada lahan pertanian.

B. Mesin dan Alat penanam Pertanian Modern
Penanaman oleh cara tradisional menggunakan tenaga manusia memerlukan tenaga dan waktu yang tidak sedikit. Maka dari itu, berkat teknologi modern saat ini penanaman telah berganti dengan mesin yang canggih dan efektif .

Berikut alat alat nya:
1. Mesin Penanam Jagung (BW2BJG-4)
Dengan mesin ini sekarang penanaman jagung dalam skala yang luas dan cepat sangatlah mungkin. Mesin ini dapat menanam Jagung secara efektif sehingga memudahkan petani.
Mesin ini berfungsi untuk menanamkan benih dalam kedalaman tanah tertentu. Biasanya mesin ini disertai dengan penutup tanah juga.

2. Penanam Padi (NSPU-68C)
Mesin penanam padi sangat efektif untuk menanam padi di lahan yang sangat luas tanpa manusia dalam waktu yang cepat. Mesin ini dikendalikan oleh 1 orang dan dapat menjangkau 0,3-0,4 ha per hari.
Mesin ini berfungsi sama dengan mesin penanam lainnya.
3. Penanam Kentang(SE260 2-ROW BUNKER HARVESTER)
Menanam kentang lebih cepat karena alat ini. Dengan jangkauan 0,4-1,5 ha/jam tergantung operatornya tentu mesin ini akan mempercepat kerja dan otomatis menghemat pengeluaran produksi pertanian.

C. Mesin dan Alat Pemanen Modern
Selain yang disebutkan di atas , Alat pemanen Modern pun juga telah diciptakan untuk mempermudah kerja petani. Berikut adalah mesin Pemanen Modern.

1. Pemanen Kacang Tanah
Dengan Mesin ini petani dapat memanen secara cepat dan efektif tanpa berlama lama,sehingga ketepatan waktu pananpun terjaga dan hasil maksimal.

2. Pemanen Wortel
Memanen wortel lebih mudah terutama dalam skala yang luas dan waktu yang sedikit

3. Pemanen Kentang
Kentang dapat dipanen dengan cepat dan tepat. Mesin ini telah diberi algoritma dan perhitungan athyocanin dan level pigmen suatu buah. Sehingga lebih cepat dalam memanen dan tepat.

4. Pemanen Tebu
Dengan mesin Pemanen tebu tidak perlu lagi memanen satu persatu karena dengan otomatis menggunakan mesin ini Tebu dapat dipanen dalam jumlah banyak sekaligus.
Semua Mesin Panen di atas menggunakan teknologi level pigmen klorofil, deteksi athyocanin, dan camera pendeteksi warna atau RGB. Jadi buah dapat dipanen dalam 2 detik setelah mesin mendeteksi tingkat kematangan dan kesehatan buah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *