Pembibitan Kelapa Sawit

Posted on

Perkebunan kelapa sawit merupakan jenis usaha jangka panjang. Kelapa sawit yang ditanam saat ini baru akan dipanen hasilnya beberapa tahun kemudian.Sebagai tanaman tahunan (perinnial crop), pada kelapa sawit dikenal preode tanaman beium menghasilkan(TBM) yang lamanya bervariasi 2-4tahun, tergantung beberapa faktor. faktor faktor tersebut akan dibahas di bawah ini.

A. Bahan Tanaman, Investasi Perkebunan Komersial 

       Investasi yang sebenarnya bagi perkebunan  komersisl berada pada bahan tanaman (baca:benih) yang akan ditanam merupakan sumber keuntungan pada perusahan kelak. Seiring dengan FilosoFi tersebut ,Pembangunan kebun kelapa sawit kommersial  harus bisa memberikan jaminan produksi yang tinggi dan keuntungan yang optimal bagi perrusahaan. Konsikuensinya , bahan tnaman yang ditanam  harus bermutu tinggi dan dapat dijamin (dilegitimasi) oleh institusi penghasilan benih. pemilihan bahan tanaman yang tidak tepat akan membawa resiko yang yang sangat besar .Perusahaan akan menderta kerugian dana,waktu,dan tenaga jika bibit yang ditanam ternyata  tidak sesuai dengan hasil seteiah tanaman mulai menghasilkan,2-4 tahun kemudian .

     Sebelum membahas bab ini,terlebih dahulu diprejelas batasan beberapa istilah  tentang bahan tanaman, yaitu biji,benih, kecambah,ramet,danbibit.

A. Biji adalah organ reproduktif yang dihasilkan oleh tanaman setekah terjadinya  anthesis.anakan kelapa sawit yang biasanya tumbuh liar dipinggiran merupakam produk dari biji.

B. Benih  adalah biji yang digunakan untuk tujuan penanaman (komersial). semua benih adalah biji, tetapi semua biji  bisa menjadi benih. benih adalah biji yang telah diseleksi dan dijamin kemurnian genetiknya (legitim).

C. Kecambah adalah benih yang telah diberi perlakukan yang sehingga membentuk pemula (pucuk) dan radikula (akar) serta siap di tanan di pembibitan.

D. Ramet adalah kecambah hasil perbayakan  vegetatif dengan tehnik kultur jaringan  melalui embriogenesis kalaus primer. sementara, ortet adalah ramet yang telah ditanam di lapangan.

E. Bibit adlah bahan tanaman yang siap untuk ditanam di lapangaan. Bibit bisa berasal dari organ  reproduktif (benih) dan/atau hasil perbayakan vegetatif (ramet).

  1. FATOR FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERTUMBUHAN 

   Ada tiga faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan danperkembangan tanaman sepanjang kehidupanya, yaitu (1)inate, (2)induce, dan(3)enforce.pemahaman dan kesadaran para pengelolah perkebunan  akan pernah masing-masing faktor sangat diperlukan bila ingin mencapai  produksi yang maksimal.

2.BAHAN TANAMAN KEIAPA SAWIT UNGGUL

Bahan tanaman kelapa sawit unggul biasa berasal dari persilangan berbagai sumber (inter and intra specifik  crossing) dengan metode  recipr0cal recurent selection (RRS).Di  samping itu , bahan tananan  keiapa sawit  unggul juga bisa  dihasilkan dari pemuliaan pada tingkat molekuler yang diperbayak secara  vegetatif dengan tehnik kuitur jaringan.

      Bahan tananman kelapa sawit yang umum ditanam  di perkebunan komersial yaitu pasti- langan dura x persifera (DxP) yang disebut tanera. Tanaman induk dura besrasal dari 4 pohon kelpa sawit yang ditanam di kebun raya bogor (1848) dan dikenal sebagai deli dura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *