Pengertian dan Cara Kerja Pertanian Modern Hidroponik

Posted on

Pengertian dan Cara Kerja Pertanian Modern Hidroponik – Hidroponik adalah bagian dari hidrokultur, yang merupakan metode menanam tanaman tanpa tanah, menggunakan larutan nutrisi mineral dalam air pelarut.
Bagaimana bisa menghasilkan cukup makanan untuk mempertahankan populasi yang terus meningkat? Tumbuhan tanaman tanpa tanah bisa menjadi jawabannya.
Dengan populasi dunia mendekati 7,5 miliar – dan kemakmuran global dan keinginan untuk lebih banyak makanan yang intensif sumber daya meningkat tajam – jelas bahwa pertanian perlu menjadi lebih produktif.
Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan pangan masa depan adalah dengan menerapkan cara bercocok tanam modern pertanian hidroponik – dibanding menumbuhkan tanaman tanpa tanah, lebih baik menggunakan solusi kaya nutrisi untuk mengantarkan air dan mineral ke akar. Itu sudah digunakan untuk meningkatkan hasil pertanian dan menumbuhkan tanaman di habitat yang biasanya tidak akan menopangnya.
Saat ini para petani perlahan-lahan meningkatkan penggunaan hidroponik mereka, dan para peneliti melihat lebih dekat bagaimana itu bisa memecahkan masalah pangan di masa depan. Di masa depan, beberapa aplikasinya bisa dipraktekkan di seluruh dunia.

Apakah sulit menerapkan teknik hidroponik?
Menjalankan dan memelihara sistem hidroponik cukup sulit. Tanaman membutuhkan banyak nutrisi penting, dengan jumlah yang optimal, masing-masing bervariasi menurut spesies, tahap pertumbuhan dan kondisi lokal, seperti kesadahan air.
Plus, beberapa nutrisi diserap lebih cepat dari yang lain, yang dapat menyebabkan penumpukan ion positif atau negatif dalam larutan, mempengaruhi pH. Kemudian dapat menghambat penyerapan nutrisi lain – sebagian karena penyerapannya tergantung pada pH, tetapi juga karena jumlahnya yang berlebihan yang malah akan mencegah penyerapan nutrisi lain.
Petani juga harus melindungi larutan nutrisi mereka agar tidak terkontaminasi dengan zat yang tidak diinginkan. Menggunakan sistem hidroponik di dalam gedung atau rumah kaca adalah cara umum untuk melakukan ini. Hal ini juga memungkinkan mereka untuk mengontrol dan mengoptimalkan pengaruh lingkungan lainnya pada pertumbuhan tanaman – seperti suhu, cahaya dan CO2 – untuk lebih meningkatkan hasil.

Tanaman hidroponik
Secara teoritis, hidroponik modern dapat digunakan untuk menumbuhkan tanaman apa pun termasuk tanaman modern. Namun, teknik ini banyak digunakan dengan tanaman yang tumbuh secara efisien di bawah kondisi hidroponik, seperti salad sayuran, mentimun, cabai dan rempah-rempah. Paling sering digunakan untuk menanam tomat.
Petani cenderung menggunakan hidroponik dengan varietas tomat yang memiliki karakteristik khusus yang dibiakkan ke dalamnya, seperti menghasilkan buah yang lebih besar dan tumbuh tidak tentu (tumbuh terus, berulang kali menghasilkan buah di sepanjang batangnya).
Varietas tahan penyakit juga populer karena memungkinkan tanaman hidup lebih lama dan menghasilkan lebih banyak buah.

Bagaimana cara kerjanya?
Dalam pertanian konvensional, tanah mendukung akar tanaman – membantunya untuk tetap tegak – dan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh. Dalam teknik hidroponik, tanaman didukung secara artifisial, dan larutan senyawa ionik memberikan nutrisi sebagai gantinya.
Konsepnya sederhana, Pertumbuhan tanaman sering dibatasi oleh faktor lingkungan. Dengan menerapkan solusi nutrisi langsung ke akar tanaman dalam lingkungan yang terkendali, seorang petani dapat memastikan bahwa tanaman selalu memiliki pasokan air dan nutrisi yang optimal. Efisiensi nutrisi ini membuat tanaman lebih produktif.
Larutan dapat diaplikasikan dengan beberapa cara:
• Ditempatkan dalam zat inert (seperti perlit kaca vulkanik atau wol batu) dan akarnya diguyuri dengan larutan secara berkala.
• Ditempatkan dalam substansi inert dan diguyuri larutan.
• Digantung dengan akarnya di udara, dengan ini kemudian disemprotkan dengan larutan kabut
• Ditempatkan pada bidang yang sedikit miring yang memungkinkan larutan mengalir di atas akarnya
Semua sistem ini dimekanisasi dengan satu atau lain cara, biasanya menggunakan pompa atau mister untuk memberikan larutan. Larutan juga biasanya diangin-anginkan untuk memastikan bahwa akar diberikan dengan oksigen yang cukup. Penyerapan mineral membutuhkan energi, dan didukung oleh respirasi.

2 thoughts on “Pengertian dan Cara Kerja Pertanian Modern Hidroponik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *