Penggunaan Media Tanam Pot dan Polybag

Posted on

Penggunaan Media Tanam Pot dan Polybag -Media tanam pot dan polybag menjadi solusi bagi kalian yang ingin mengembangkan teknik pertanian di rumah. Bagi kalian yang hobi dalam bercocok tanam, penggunaan media pot dan polybag pasti sudah tidak asing lagi. Media penanaman ini memiliki berbagai kelebihan yang bisa menjadi nilai lebih untuk pertumbuhan tanaman itu sendiri. Media tanam yang baik pasti menghasilkan hasil produksi tanaman yang berkualitas pula.
Pada dasarnya, media tanam memiliki peran penting untuk menunjang tanaman, menyediakan berbagai nutrisi serta sebagai tempat bagi akar untuk tumbuh dan berkembang.
Penggunaan media tanam menggunakan pot dan polybag harus bisa menggantikan peran komplek tanah sebagai penopang tumbuhan. Media tersebut juga harus memiliki porositas drainase air yang baik. Artinya dalam penyaluran air menuju tanaman hingga kandungan oksigen pada air harus tetap terjaga. Jika hal-hal seperti ini tidak bisa terpenuhi, media tersebut masih belum bisa disebut sebagai media tanam yang cocok bagi pertumbuhan tanaman.

Penggunaan Media Tanam Pot dan Polybag
Ada hal penting yang harus diperhatikan selain hal-hal diatas, yaitu tingkat kebersihan media. Media tanam yang akan digunakan tidak boleh mengandung kuman atau penyakit. Sangat berbahaya bagi sebuah tanaman jika media tanamnya sendiri tidak steril dari bibit penyakit.
Perlu diketahui, di pasaran banyak terjual bermacam-macam pot dan polybag yang berbeda. Begitu banyak versi yang ada di luaran sana, namun dengan cara mengenali sifat serta karakteristik tanaman yang akan kita tanam, membuat kita bisa mempersempit pilihan polybag yang sesuai. Polybag dengan segel atau perekat, polybag slider zipper lock, polybag hanger, merupakan beberapa jenis polybag yang banyak terjual di pasaran. Untuk pot sendiri juga banyak ragamnya. Untuk pot, perbedaan yang mencolok antara satu pot dengan pot yang lainnya biasanya ada pada ukuran. Contoh saja budidaya tanaman hias. Tanaman hias rata-rata memiliki ukuran yang kecil. Penggunaan pot berukuran besar sangat tidak cocok jika digunakan pada jenis tanaman ini.

Di bawah ini beberapa keuntungan penggunaan media polybag atau pot dalam bertanam:
1. Penghematan biaya.
Penggunaan media polybag atau pot dalam bertanam, otomastis akan menghemat biaya perawatan untuk tanaman tersebut daripada penggunaan media tanah. Polybag dan pot bisa didapatkan secara mudah serta dengan harga yang murah, berbeda dengan tanah. Harga tanah cukup mahal jika kalian benar-benar ingin membelinya untuk memulai bercocok tanam dari awal.

2. Penggunaan lahan yang sedikit.
Penggunaan polybag maupun pot tidak memerlukan cakupan lahan yang luas. Penggunaanya sebenarnya didasarkan pada banyaknya tumbuhan/tanaman yang ingin ditanam. Selain itu, dalam penggunaan pot dan polybag dapat mengurangi jumlah pemakaian tanah secara signifikan.

3. Mudah dalam perawatan.
Polybag dan pot memiliki keunggulan dalam hal perawatan. Jika perawatan yang dilakukan sangatlah baik, maka penggunaan polybag ataupun pot bisa bertahan cukup lama.

4. Reuse.
Media tanam pot dan polybag adalah media tanam yang tergolong reuse. Kedua media tanam ini dapat digunakan kembali setelah dalam masa pemakaian. Mulai dari masa pembibitan, hingga masa panen sebuah tanaman. Namun, hanya pot dan polybag yang masih berkualitas baik saja yang dapat digunakan kembali. Selebihnya harus dibuang karena sudah tidak bisa gunakan. Peluang media tanam yang lebih besar untuk digunakan kembali adalah pot. Jika tidak mengalami kerusakan berarti, cukup dengan mencuci serta mensterilkan pot tersebut kemudian bisa dipakai kembali untuk tanaman yang lain.

Penggunaan Media Tanam Pot dan Polybag demikian lah sedikit artikel yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat bagi pembaca ya jangan lupa untuk selalu ikuti terus artikel artikel menarik lainnya disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *